NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA

Azizi Azizi

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia, ia merupakan suatu alat terpenting untuk membentuk generasi yang siap menggantikan generasi tua guna untuk membangun masa depan, ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapat dan berharap untuk selalu dalam pendidikan. Pendidikan merupakan kebutuhan manusia, kebutuhan ini tidak bisa digantikan dengan yang lain, karena dengan pendidikan manusia akan mudah untuk mengembangkan kualitas, potensi dan bakat yang ada didalam diri manusia.  Ketika ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat, proses belajar untuk memperoleh pendidikan tidak lagi di monopoli oleh kehadiran guru dan murid. Siswa dapat belajar dari mana saja dan kapan saja. Apalagi pada zaman modern saat ini banyak media yang dapat dijadikan sumber belajar untuk memperoleh pendidikan, seperti televisi, internet dan akses teknologi yang lainnya tak terkecuali dari sumber lainnya seperti karya sastra berupa novel. penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika Karya Hanum Salsabiela dan Rangga Almahendra. Peneitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan (library research) adalah penelitian yang memanfaatkan sumber kepustakaan membatasi kegiatannya hanya pada bahan-bahan koleksi pesrpustakaan saja tanpa memerlukan penelitian lapangan. Dari hasil penelitian menjawab rumusan masalah menemukan nilai-nilai pendidikan islam dalam novel Bulan Terbelah di Langit Amerika ialah: Nilai Ibadah, Nilai Akidah dan Nilai akhlak. Jadi dapat disimpulkan penelitian ini mengandung nilai-nilai pendidikan islam.


Keywords


Nilai-Nilai Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Ar-Rasyidin & Nizar, Samsul. 2005. Filsafat Pendidikan Islam, Ciputat: PT Ciputat Press.

Drajat, Zakiah. 2000. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mustofa, A. 2008. Akhlak Tasawuf, Bandung: CV Pustaka Setia.

Mislina. 2013, Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Novel Sujud Nisa di Kaki Tahajjud Subuh Karya Nainggolan, Fakultas Agama Islam. Surakarta (Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Ratna, Nyoman Kutha. 2004 Teori Metode dan Teknik Penelitian Sastra. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Muhaimin. 2011 Pemikiran dan Aktualisasi Penembangan Pendidikan Islam, (Jakarta: Rajawali Pres.)

Amin, Alfauzan. 2014. Konsep Baru Epistemologi Pendidikan Islam Kontemporer, Analisis Tripusat Pendidikan, Jurnal At-Ta’lim, Vol. 13, No. 1, Januari.

Nata, Abbudin. 2009. Metodologi studi Islam. Jakarta: Rajawali Pres

Muhaimin, 2006. Nuansa Baru Pendidikana, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada)

Rais, Hanum S & Almahendra, Rangga. 2015. Bulan Terbelah di Langit Amerika, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nafs Educational Research Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Institut Research Berkah Indonesia